Jumat, 26 Mei 2017

Tembaga bekas kabel



Kali ini kita akan sedikit belajar tentang tembaga. Tembaga adalah salah satu logam pertama yang diambil dan digunakan oleh manusia, tembaga telah memberikan kontribusi penting dalam sejarah kemajuan manusia sejak awal peradaban. Saat ini tembaga digunakan dalam konstruksi bangunan, pembangkit listrik dan transmisi, industri pengolahan elektronik, dan industri pembangunan transportasi. Kabel dan pipa tembaga adalah bagian integral dari; sistem pemanas dan pendingin, dan jaringan telekomunikasi yang sering digunakan dalam rumah maupun bisnis. Tembaga merupakan komponen penting dalam motor, kabel, radiator, konektor, rem yang digunakan dalam mobil dan truk.

Anda pasti memiliki kabel bekas yang sudah tidak terpakai di rumah? Anda harus ketahui bahwa kabel-kabel bekas ini dapat Anda jual lagi. Tepatnya tembaga yang berada di dalam kabel tersebut. Anda terlebih dahulu harus mengupas kabel itu, dan mengambil tembaga didalamnya. Namun Terkadang didalam kabel ada yang berisi tembaga, ada juga yang berisi almunium. Kabel bekas yang berisi almunium warnanya biasanya putih dan cenderung lebih lunak, harganya pun hanya sekitar 10ribuan perkilo. Namun, jika dalamnya tembaga, harganya akan lebih mahal. Kira-kira harga tembaga sekarang berkisar 50 ribuan perkilo, untuk jenis tembaga yang paling mahal, walaupun Semua harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Tembaga memang memiliki beberapa jenis dengan harga yang pasti berbeda. Mari kita pelajari jenis-jenis dan harga tembaga.
Yang pertama adalah Tembaga Super( TS )
Yaitu jenis tembaga dengan kelas 1 dengan  harga tertinggi,

Berikut Bentuk ,klasifikasi dan ukurannya :
  • minimal ukuran terkecil yaitu sebesar ijuk sapu lidi
  • berwarna mengkilap seperti baru.
  • warnanya tidak ada yang hitam, TIDAK kuyu , TIDAK kotor dan sejenisnya 
  • Umumnya adalah tembaga kabel tegangan tinggi yang sudah dikupas kulitnya. tetapi pengupasan kulitnya tidak DIBAKAR

Jenis Tembaga BC ( TEMBAGA BC ) 
Yaitu jenis tembaga dengan kelas 2 ( Dua )dan harga dibawah TS yaitu lebih kurang 4% - 5% selisih harga dengan Tembaga Super (TS).

Bentuk ,klasifikasi dan ukurannya :
  •  Bentuk dan ukurannya sama persis dengan TS, yang membedakan hanya warnanya, yaitu tidak mengkilap dan agak kuyu, lebam, hitam 
  • Tembaga jenis TS tapi proses Pengelupasan kulitnya dengan cara DIBAKAR, tetapi bersih dari ABU sisa pembakaran kulitnya. 
  • Ada juga yang termasuk golongan tembaga BC yaitu, tembaga yang tebal, ada juga yang berbentuk pipa atau batangan tapi kemungkinan ini juga bisa masuk tembaga super jika kondisi fisik mulus dan mengkilat.

Tembaga Biasa( TB )
Yaitu jenis tembaga dengan kelas 3 ( tiga )dan harga dibawah BC, lebih kurang 10% -15% selisih harga dengan TS ( Tembaga Super )

Bentuk ,klasifikasi dan ukurannya :
  •  Semua jenis tembaga lilitan besar ataupun kecil yang berasal dari dynamo penggerak,generator ataupun trafo , 
  • ( meskipun sebesar lidi masuk kategori TEMBAGA BIASA  )
  • Semua jenis tembaga yang ukurannya dibawah BC 
  • Tembaga serabut, sebesar rambut.
  • Tidak kotor dan tidak ada abu sisa pembakaran.

Tembaga Bakar
Yaitu jenis tembaga dengan kelas 4 ( Empat )dan harga dibawah Tembaga biasa / umum dan harganya lebih kurang 10% -20% selisih harga dengan TS ( Tembaga Super )

Bentuk ,klasifikasi dan ukurannya :
  • Sama seperti  tembaga biasa, yang membedakan hanya proses pengelupasan kulitnya, yaitu dengan dibakar
  • Bentuknya kotor, hitam ber abu. 
  • Sisa bakaran kulitnya masih tertinggal

Tembaga TD ( TEMBAGA DALUNG/DANDANG)
Yaitu jenis tembaga dengan kelas 5 ( Lima )dan harga dibawah Tembaga biasa / umum dan harganya lebih kurang 20% - 30% selisih harga dengan TS ( Tembaga Super )

 Bentuk ,klasifikasi dan ukurannya :
  • Semua tembaga yang terbuat dari Dandang  tembaga bekas.
  • Dalung, Kenceng dan sebagainya.
Demikian jenis-jenis maupun harga  tembaga bekas secara umum. Semoga anda dapat memanfaatkan kabel bekas ataupun tembaga bekas dirumah anda, karena mendapatkan keuntungan dari barang bekas akan menjadi kepuasan tersendiri bagi anda.

1 komentar:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus